Saturday, March 12, 2011

Mengapa tidak dikembangkan Sepeda Listrik?

Saat ini banyak di gembar gembor kan hemat bahan bakar dan industri mobil sudah banyak mengembangkan mobil yang hemat dan ramah lingkungan, mobil hybrid dan bahkan mobil menggunakan tenaga battery yang pengisian nya tinggal colok di listrik rumah


Pertanyaannya mengapa tidak di kembangkan sepeda listrik??  

Sepeda saat ini masih banyak digunakan sebagai alat olah raga dan rekreasi, yang nota bene hanya digunakan pada waktu libur dan hari minggu.. walaupun pemerintah membuat jalur sepeda di Jakarta keliatannya yakin pengguna biker yang saat ini bekerja masih menggunakan mobil / motor masih segan beralih ke sepeda. dengan alasan capek sampai di kantor dan harus mandi / berpeluh..

Bagi rekan2 biker mungkin bisa menggunakan Sepeda Listrik sebagai alternatif.
Beberapa pandangan yang salah dari masyarakat mengenai sepeda listrik seperti yang saya dengar dari komentar pengunjung sewaktu melihat sepeda listrik yang di jual di Ace Hardware.. " Percuma ini sama saja tidak olah raga khan pakai listrik" terus terang pandangan ini salah coba baca salah satu artikel Sepeda Listrik dari Porches,  benar tidak ber olah raga jika kita menggunakan sepeda listrik hanya duduk dan gas.. seperti motor .. memang benar..

Sebahagian sepeda listrik dan perlatannya dilengkapi dengan sensor pedal, sensor ini diletak kan di pedal dan jika pedal berputar, maka sensor akan menggerakan dinamo dan membantu mengayuh, sehingga kayuhan pedal akan terasa ringan dan sepeda berlari lebih cepat..

Dari hasil test yang saya lakukan menggunakan sepeda listrik rakitan, batery masih berfungsi bagus dan bisa menempuh jarak dari Cilandak Jakarta selatan ke ancol pulang pergi.
Jadi pemikiran saya mengapa tidak di masyarakatkan pengguna sepeda listrik untuk pergi ke kantor, sekolah dan lain sebagainya...?? jawaban di Anda masing2 :)

6 comments:

  1. minta tolong bisa diberikan gambar sepeda biasa yang sudah dirakit menjadi sepeda listrik, alat apa saja selain dinamo dan battrey, terima kasih

    ReplyDelete
  2. saya juga sedang merakit sepeda listrik dari sepeda biasa.... peralatan yang dibutuhkan selain motor/dinamo listrik dan battery adalah controler dan sensor pedal.

    ReplyDelete
  3. tu brangnya kaya apa om ndoro?

    ReplyDelete
  4. Benar Om, pandangan sepeda listrik nggak olah raga adalah salah sama sekali. Saya sudah dua tahunan B2W Ragunan-Pancoran menggunakan sepeda lipat listrik. Kualitas olah raga tetap dapet. Listrik sangat membantu di saat saya harus maju lebih cepat di jalan raya, untuk bersaing dgn motor/ mobil di lampu merah dll.

    Sampai kantor, tubuh segar nggak terlalu capai.

    Banyak koq manfaatnya. Motor listrik cukup handal dan minim perawatan. Pemerintah seharusnya menggalakkan sistem penggerak listrik ini.

    ReplyDelete
  5. mohon info materialnya mas n klo bisa skalian dengan gambar desainnya

    ReplyDelete

Electric Bikes

Bing: sepeda listrik