Sunday, May 23, 2010

Posisi Penempatan Batere pada Sepeda Listrik

Merakit sepeda biasa menjadi sepeda listrik adalah hal yang mudah, tinggal beli kit nya dan rakit selesai sudah, tetapi membuat sepeda listrik yang handal dalam arti setimbang dan dapat dipakai untuk jalan raya dan cross country gampang - gampang susah.


Kelemahan utama di sepeda listrik adalah battery yang berat, apalagi untuk battery 36 volt berarti ada 3 unit battery yang masing - masing 12 volt.  battery lead acid memang relatif murah tetapi mempunyai kelemahan di berat dan besar.   Beberapa berita mengenai sepeda listrik yang dikembangkan di Jepang dan Eropah mempunyai kelebihan battery yang ringan dan kecil lain dengan battery dan dinamo buatan China.

Pada kit sepeda listrik umumnya telah disiapkan dudukan yang terletak di belakang sadel, dan jika penggerak dinamo berada dibelakang dan battery juga berada dibelakang berarti center berat berubah ke belakang, dan ini sangat tidak nyaman dan berbahaya pada saat berkendara, kelemahan ini umumnya tidak di expose oleh situs - situs e-bike 

Guna mendapatkan titik center yang baik, sebaiknya dinamo diletakan sedapat mungkin dekat dengan center pedal, jika terlalu atas akan mengakibatkan hilang keseimbangan, dan jika di tempat kan terlalu bawah, battery akan mengganggu posisi kaki pada saat mengayuh. 

Posisi battery menggantung di uptube cukup baik, berada ditengah dari sepeda dan tidak mengganggu kaki pada saat mengayuh.  pastikan battery duduk pada posisi yang kokoh dan di ikat dengan braket minimum 2 titik di uptube dan 1 titik di seat tube.

Sepeda dengan full suspension seperti sepeda listrik keluaran porsche sangat lah ideal, tetapi ingat kondisi battery yang besar kan sulit mendapat kan tempat yang baik untuk sepeda yang full suspension

No comments:

Post a Comment

Electric Bikes

Bing: sepeda listrik