- Sepeda Federal mulai dibedah di mulai dari mengganti roda belakang dengan roda yang telah menggunakan hub motor listrik, di tahap ini karena fork belakang sepeda hanya 13 cm rada di tarik keluar dan sedikit maksa, posisi roda setelah menggunakan hub listrik agak bergeser / tidak di center nya, hal ini karena di hub masih ditambah sproket 6 kecepatan. Roda 200" mepet kesebelah kiri dan hampir menyentuh frame, jadi keinginan untuk mengganti roda ukuran diatas 200 pupus sudah. :(
- Pemasangan dudukan, prosesnya cukup mudah dan cepat
- Pemasangan rem depan dan indikator battery
- Pemasangan Sensor pedal
Mulai di coba keluar jalan di komplek... lumayan juga cukup narik.. dari test sebentar di jalan ada beberapa point yang perlu di ubah:
Pemasangan roda 26# ke rim, spoke nya pakai spoke motor rada gede
Kesimpulan hasil rakitan Sepeda listrik "Test Pertama"
- Sepeda listrik 500 watt cukup untuk di jalan datar dan jalan tanjakan yang tidak terlalu curam
- Sepeda listrik dengan hub motor penggerak roda belakang dan penempatan battre di bagian bagasi belakang menyebabkan sepeda tidak stabil, jelas saja hub motor berat 6 kiloan ditambah battery 17 kg berarti sudah 23 kg di bagian belakang..
- Dari penempatan diatas menyebabkan sangat berbahaya pada saat menikung karena berat dibelakang,
- Sepeda pada jalan tanjakan dengan bantuan kayuh, roda depan akan mudah terangkat.
- Jika melewati polisi tidur atau jalan berlobang, dudukan battery akan bergoncang dan menimbulkan suara "gubrak"
- Rada sulit menstandard kan sepeda karena berat
Photo sepeda Federal yang sudah menjadi sepeda listrik
tampak posisi battery dan hub motor berada dibagian belakang
Video test pertama setelah rakitan selesai
Mau nanya, buat beli motornya sendiri dimana ya?
ReplyDelete